Pentingnya Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis di Internet

Antoniclianto.com – Cukup pentingkah keberadaan email untuk sebuah bisnis? Baik itu email gratisan ataupun email profesional? Jawabannya sangat penting, terutama dalam menjalankan bisnis berbasis online. Mengapa demikian? Mari kita cari tahu dalam artikel ini.

Dewasa ini untuk melakukan pemasaran secara digital sangatlah beragam. Beberapa diantaranya memalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter, tak hanya itu pemasaran digital juga bisa melalui iklan di Google. Nah, untuk melakukan pemasaran melalui media sosial tersebut tentunya memerlukan sebauh email bukan. Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai pentingnya penggunaan email domain dalam sebuah bisnis. Mari kita bahas terlebih dahulu hal-hal berikut ini, agar anda juga paham seluruhnya, simak selengkapnya.

2 Jenis Email Berdasarkan Alamatnya

Seperti yang telah kita bahas pada awal peragraf diatas, bagaimana pentingnya penggunaan email dalam sebuah bisnis terlebih lagi bisnis berbasis online. Nah, berikut ini kita akan bahas 2 jenis email berdasarkan alamatnya.

1.Email Profesional
Email Profesional adalah sebuah email yang berbayar dimana, alamat email ini bisa ditentukan sesuai dengan toko ataupun produk yang anda jual. Contoh blogger@antoniclianto.com, dengan email profesional produk ataupun perusahaan anda akan lebih terkesan dan mudah di ingat.

2.Email Gratisan
Untuk email gratisan adalah dimana alamat emailnya masih menginduk pada email gratisan. Contoh antoniclianto@gmail.com, antoniclianto@yahoo.com dan lain sebagianya, ini semua adalah email gratisan yang menggunakan layanan dari Gmail dan Yahoo.

Dari kedua alamat email tersebut mana yang lebih menguntungkan untuk anda? Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan ya. Itu tergantung dari mana anda memandangnya. Namun, saya merekomendasikan email profesional jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis.

Pentingnya Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis

Sebenarnya tidak ada yang mengharuskan anda menggunakan email profesional. Namun, jika anda menginginkan citra yang lebih berkesan atas brand anda, maka email profesional ini harus anda lakukan. Setidaknya ada 6 alasan mengapa email profesional lebih baik daripada email gratisan.

1.Untuk Memilah Sebuah Pekerjaan Sesuai Keperluan

Alasan utama adalah untuk memilah sebuah pekerjaan sesuai dengan keperluan, maksudnya bagaimana? Dalam hal ini anda adalah sebagai pemilik dari sebuah perusahaan dengan berbagai karyawan seperti bagian HRD, Marketing, Accounting, Costumer Service dan lain sebagainya.
Maka email bisa anda sesuaikan seperti berikut ini :

  • cs@antoniclianto.com
  • marketing@antoniclianto.com
  • webmaster@antoniclianto.com

Sedangkan untuk email gratisan maka seperti ini :

  • cs-antoniclianto@gmail.com
  • marketing-antoniclianto@gmail.com
  • webmaster-antoniclianto@gmail.com

Silahkan anda bandingkan dan perhatikan mana yang lebih baik antara email profesional atau email gratisan untuk bisnis anda.

2.Lebih Mudah Terkontrol

Pentingnya penggunaan email profesional yang kedua adalah lebih mudah dikontrol. Dalam menjalankan sebuah bisnis itu penuh dengan dinamika, salah satunya adalah keluar masuknya karyawan. Pada beberapa perusahaan ataupun bisnis, setiap karyawan tentunya memiliki email. Sehingga dengan alamat email profesional ini anda bisa membuat email baru untuk karyawan yang baru masuk dan menghapus email lama dari karyawan yang telah keluar. Coba anda bayangkan jika menggunakan email gratisan, bagaimana repotnya mengurus hal tersebut. Terlebih lagi anda memiliki puluhan atau hingga ratusan karyawan, tentu hal ini akan menjadi masalah.

3.Bisa di Backup

Menggunakan email profesional semua data yang tidak sengaja terhapus masih bisa di backup. Sebenarnya untuk email gratisan juga bisa menggunakan fitur backup. Namun, bedanya antara email gratisan dan profesional adalah jumlah akun email yang bisa dibackup dan restore. Dengan email profesional anda bisa membackup semua email keseluruhan jika terjadi kesalahan baik itu untuk bagian HRD, Accounting, Marketing maupun Costumer Service secara bersamaan. Sedangkan untuk email gratisan anda hanya bisa membackup email untuk satu akun saja.

4.Lebih Privasi dan Bebas Iklan

Apakah anda pernah melihat saat menggunakan email gratisan seperti gmail.com atau yahoo.com terdapat email masuk yang sebelumnya anda belum pernah menghubunginya? Nah, itulah yang dinamakan iklan. Itu artinya pihak penyedia email gratisan seperti Google tahu apa yang ada di email anda. Sehingga meskipun anda sudah merasa terjamin privasinya atas email yang anda gunakan, namanya juga gratisan maka belum tentu privasi benar-benar terjamin. Hal ini berbeda dengan email profesional. Dengan anda menggunakan email profesional keamanan dan privasi atas isi pesan anda akan lebih terjamin dan bebas dari iklan.

5. Mengurangi Resiko ditandai Sebagai Spam

Ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah email ditandai sebagai spam ataupun masuk sebagai spam, salah satunya adalah alamat email tersebut. Dengan begitu, email yang masuk ataupun ditandai sebagai spam tidak akan terlalu di respon.

Namun, dengan menggunakan email profesional resiko ditandai sebagai spam sangatlah kecil. Berbeda dengan email gratisan, jika anda mengirimkan pesan secara masal atau email broadcast maka akan masuk ke spam. Lagipula Google juga tidak mengizinkan Gmailnya digunakan sebagai broadcast email. Kalau melanggar larangan tersebut, tidak menutup kemungkinan akun email kamu akan di suspend, bayangkan saja jika sudah kena suspend.

6. Lebih Meningkatkan Kepercayaan Seseorang

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh beberapa situs, 70% dari menggunakan email profesional adalah kunci untuk membangun kepercayaan sebuah pelanggan. Dengan begitu, jika menggunakan email gratisan maka tidak menutup kemungkinan pelanggan akan kabur karena tidak adanya Kelelasan sebuah data.

7. Memperkuat Brand, Lebih Mudah Dikenal dan di Ingat

Silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini;

Apa anda mengetahui logo tersebut? Kira-kira perusahaan apa yang ada dipikiran anda. Mungkin sebagian dari anda akan menyebut itu adalah loqo dari perusahaan besar Apple. Tanpa adanya tulisan yang jelas, namun anda sudah mengetahui jika logo tersebut memang milik dari Apple, Nah, itulah branding tanpa harus menyebutkan identitas kita orang lain sudah mengetahuinya.

Begitu juga dengan email profesional, dengan menggunakan email profesional orang lain akan lebih mudah mengetahui siapa anda dan apa bisnis yang anda jalankan. Selain memperkuat branding, email profesional juga akan lebih mudah di ingat.

Nah, itulah pentingnya penggunaan email profesional dalam bisnis. Sekarang anda sudah bisa menentukan mana yang terbaik untuk bisnis atau perusahaan anda. Sampai disini kami hanya merekomendasikan email profesional, sebab faktor utama adalah meningkatkan keamanan dan privasi atas perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *