Berapa Lama Proses Website Terindex di Google Search?

Cara Agar Website Terindex di Google Search

Antoniclianto.com – Untuk Anda yang sedang mendalami SEO (Search Engine Optimization) pastinya ingin websitenya terindex dengan cepat. Tapi tahukah? saat ini Google lebih ketat dalam melakukan indexing untuk setiap website.

Kalau Anda pemain lama pastinya familiar dengan tools Google untuk melakukan indexing. Halamannya https://www.google.com/addurl dahulu digunakan untuk mengindex semua website hanya dengan modal login akun Google. Akan tetapi sekarang halaman itu sudah di redirect ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, mengharuskan Anda melakukan verifikasi terlebih dahulu jika ingin melakukan pengindeksan di Google Search.

Tidak perlu khawatir, saya akan memberikan beberapa masukan untuk Anda agar websitenya segera muncul di Google Search. Simak terus artikel ini pada subbab berikutnya, jika bermanfaat bisa share teman-teman Anda.

Hal Terpenting Dalam Indexing Website di Google

Anda disarankan mengikuti langkah berikut ini, agar websitenya cepat terindex. Saya mengalami untuk beberapa website proses indexingnya hanya butuh hitungan jam saja.

Oh iya sebelum mengikuti tips ini sebaiknya website Anda sudah lengkap dari segi halaman ataupun desain sudah final. Jangan ada kata-kata dari tema yang Anda gunakan, seperti paragraf yang berisikan lorem ipsum.

Daftarkan Website di GSC

Apa itu GSC? GSC adalah singkatan dari Google Search Console. Silakan kunjungi https://www.google.com/webmasters/, lalu login menggunakan akun Google Anda.

Masukkan url website Anda pada kolom bagian kanan, dan lakukan verifikasi dengan beberapa metode yang dapat Anda pilih. Pilih salah satu saja, contohnya jika Anda menggunakan WordPress Self Host pilih verifikasi menggunakan file html. Nanti upload ke file manager yang ada di hosting Anda. Kalau Anda menggunakan Blogger, bisa pilih verifikasi melalui meta tag. Letakkan meta tag yang diberikan ke dalam situs blog Anda dibagian edit html template.

Submit Peta Situs

Peta situs sering kali dilewatkan, padahal peta situs sangat penting dan dapat memberitahu seluruh halaman yang Anda miliki dalam satu website. Peta situs membantu bot Google untuk merayapi seluruh halaman yang tersedia.

Untuk peta situs sebaiknya submit satu saja, agar tidak terjadi duplikat. Ada kondisi tertentu untuk submit peta situs lebih dari satu. Tetapi untuk blog biasa sebaiknya menggunakan 1 peta situs saja agar simpel.

Inspeksi URL

Ini tools untuk indexing manual dan prosesnya lebih cepat, kalau lagi sehat hitungan menit saja sudah terindex di Google Search. Sebenarnya kalau sudah submit peta situs, Anda tinggal tunggu saja web akan terindex. Namanya manusia itu makhluk paling tidak sabar maunya instan dan cepat. Nah Inspeksi URL cocok Anda gunakan untuk proses indexing jadi cepat.


Jika Anda menerapkan ketiga langkah di atas, pastinya website Anda bisa cepat muncul di Google Search untuk bersaing dengan banyak web di internet. Jika masih belum bisa tampil, dikhawatirkan ada masalah dengan domain tersebut. Langkah pertama dapat Anda cek terlebih dahulu dari sisi internal website. Pastikan pada robots.txt anda tidak ada rel noindex.

Hal paling parah kena manual action atau webspam manual. Tapi Anda tidak perlu takut domain tidak bisa diindex lagi, Anda masih bisa mengajukan banding dan memberitahu kalau kepemilikan domain saat ini telah berubah. Untuk info lebih lanjut bisa kontak saya bila Anda mengalami masalah website tidak terindex Google.

2 Comments

    1. Author

      iya mas, tapi untuk blogger ada kode khusus agar semua web terindex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *