Balikpapan Pusat Bisnis di Kalimantan Timur

Balikpapan Pusat Bisnis di Kalimantan Timur

Antoniclianto.comBalikpapan merupakan sebuah kota besar yang lokasinya terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini terkenal karena menjadi pusat bisnis dan industri serta pariwisata yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian di seluruh Kalimantan.

Dari sisi kependudukan, Balikpapan adalah salah satu kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda. Balikpapan adalah termasuk salah satu kota tersibuk di Indonesia yang memiliki pelabuhan besar bernama Pelabuhan Semayang dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman menjadi tempat persinggahan banyak orang untuk beragam keperluan.

Sejarah Kota Balikpapan

Balikpapan awal terbentuk dari sebuah perkampungan nelayan yang terletak di pinggir Selat Makassar pada abad ke-19. Pada tanggal 10 Februari 1897, pengeboran pertama sumur minyak di kota ini dilakukan yang menjadi hari ditetapkannya tempat ini sebagai hari jadi Kota Balikpapan.

Pada tahun 1907, BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij) mendirikan kantor terbesarnya di kota ini yang diikuti oleh masuknya investasi berbagai perusahaan multinasional. Perekonomian kota pun tumbuh dengan pesat yang mendorong banyak pendatang dan kelompok ekspatriat berkunjung dan menetap di kota ini. Balikpapan berkembang menjadi sebuah kota besar yang multi-etnis dan dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni di Indonesia.

Balikpapan menjadi tempat subur untuk melakukan bisnis. Karena ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika anda menetap di kota ini. Kota ini merupakan salah satu destinasi utama bagi para pelancong untuk tinggal dan berbisnis di Kalimantan. Balikpapan memiliki tata perekonomian yang bagus, lingkungan yang bersih dan kondisi kota yang aman, nyaman dan asri.

Berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti di Jawa yang kadang-kadang semrawut, Balikpapan justru memiliki kondisi lalu-lintas yang sangat tertata baik. Masing-masing pengendara di jalanan ramah dalam berkendaraan dan saling mengalah sehingga lalu-lintasnya menjadi sangat teratur. Saking teraturnya kondisi lalu-lintas di sini menyebabkan Balikpapan mendapatkan penghargaan ‘Wahana Tata Nugraha’ sebanyak 18 kali.

Balikpapan Kota Wisata dan Pusat Bisnis

Ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan indah bisa anda jumpai di sekitar kota. Mulai dari Hutan Mangrove Margomulyo, Hutan Lindung Sungai Wain, Pantai Lamaru, Taman Bekapai hingga penangkaran buaya bisa anda temukan di dekat kota. Keadaan kota dan penduduknya sangat cinta kebersihan dimana hampir di setiap sudut kota terdapat taman yang dipastikan bersih dari sampah. Saking bersihnya kota ini menyebabkannya mendapatkan penghargaan Adipura sebanyak 18 kali.

Balikpapan terletak di salah satu lokasi yang sangat strategis dan mempunyai akses yang mudah ke laut, udara dan darat. Banyak dijumpai rental mobil Balikpapan yang memudahkan para pengunjung menuju ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman. Ini didukung oleh keberadaan bandara dan pelabuhan internasional membuat anda bisa dengan mudah mengakses beragam daerah di Indonesia atau di dunia. Jalan-jalan yang tertata baik dengan kondisi mulus mempermudah akses bepergian dan distribusi barang dan panen.

Ayo siapa yang ingin datang ke kota ini? bisa menggunakan jasa layanan rental mobil Balikpapan agar mudah keberbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sekian dulu ya teman, semoga bermanfaat dan bisa menjadi sedikit pengetahuan untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.