antoniclianto.com – Komedo adalah salah satu hal yang tidak disukai kemunculan nya karena bisa membuat wajah menjadi kurang menarik. Banyak orang yang ingin membuang komedo, hanya saja cara nya terkadang tidak benar sehingga menimbulkan bercak hitam dan lain sebagainya. Komedo sendiri biasa nya muncul setelah masa pubertas, yaitu ketika kadar hormone seseorang menghasilkan sebum yang berlebih.

Untuk warna dari komedo sendiri bermacam-macam, ada yang warna nya hitam, putih dan kekuningan. Sedangkan sebum yang dihasilkan oleh hormone tadi berfungsi untuk melembabkan kulit, biasa nya sebum keluar melalui pori-pori kulit dan terkadang ada sebum yang tersumbat sehingga disitulah bakteri mulai menumpuk dan menjadi komedo.

Jadi bagi anda yang mengalami hal seperti ini, anda tidak perlu khawatir akan datang nya komedo karena komedo bisa dihilangkan dengan mudah dan secara alami. Berikut adalah 5 cara mengatasi komedo secara alami dan cepat yang bisa anda terapkan di rumah:

1. Menggunakan Pepaya

Pepaya merupakan buah yang manis dan ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menghilangkan jerawat dan komedo. Hal ini disebabkan pepaya memiliki kandungan papain yang bisa membantu pengangkatan kulit mati.
Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan nya sebagai masker. Pertama lembutkan potongan buah pepaya hingga mirip seperti bubur. Kemudian oleskan bubur pepaya tadi pada sekitar wajah yang terdapat komedo. Biarkan beberapa saat dan bilas. Lakukan hal ini setiap bangun pagi dan menjelang tidur malam.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki gel, dan gel itulah yang akan membantu anda untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Cara nya adalah dengan menyiapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi 2 bagian saja. ambil gel nya dan oleskan pada area yang terdapat komedo. Lakukan cara ini secara rutin 1-2 kali setiap harinya hingga komedo anda hilang. Jika memang gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda bisa memblender lidah buaya tersebut.

3. Jus Lemon

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan jus lemon atau jeruk. Lemon yang mengandung asam alpha-hydroxy sangat bagus untuk mencegah komedo, jerawat dan masalah kulit lain nya. Cara nya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan jus lemon, kemudian campurkan jus tersebut dengan minyak almond dan gliserin dan blender.
Setelah itu oleskan campuran tersebut pada area yang terdapat komedo secara merata, biarkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air bersih. Cara ini juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Selain itu anda juga bisa membuat scrub menggunakan air lemon, air garam, yoghurt dan madu dengan mencampurkan semua bahan tersebut dan menggosokan nya ke area komedo. Lakukan hal ini secara rutin.

4. Masker Putih Telur

Ternyata putih telur bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Hal ini dikarenakan kandungan putih telur bisa mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak dan mengencangkan pori dan masih banyak lagi masalah kulit yang bisa teratasi. Untuk cara nya sangat mudah, anda hanya perlu membalurkan putih telur yang sudah ditambahkan 1 sdm madu pada wajah yang terkena komedo secara merata. Kemudian diamkan hingga mengering atau sekitar 25-30 menit dan bilas wajah anda dengan air hangat.

5. Madu dan Susu

Madu dan susu memang memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo karena kandungan asam laktat dari susu dan madu yang bisa membuat kulit lembut dan menghilangkan bakteri. Cara nya adalah dengan menyiapkan 1 sdt susu, 1 sdm madu dan selembat kapas kecantikan. Campurkan susu tersebut dan hangatkan selama 5-10 detik saja agar menjadi pasta.
Tunggulah hingga pasta madu dan susu tadi mendingin dan oleskan pada wajah yang terkena komedo secara merata. Setelah itu tempelkan kapas ke area itu dan tunggu kurang lebih 20 menit. Kemudian kupas kapas menggunakan air dan lakukan secara teratur.

Itulah 5 Cara Mengatasi Komedo Secara Alami Dan Cepat yang bisa anda coba sendiri di rumah, semoga bisa membantu dan terima kasih.

3 thoughts on “5 Cara Mengatasi Komedo Secara Alami Dan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *