Perbedaan Asuransi Unit Link dan Asuransi Tradisional Antara unit link dan asuransi, kita sebutkan di sini asuransi tradisional, beberapa orang masih menyangka sama. Yang lain kemungkinan kebingungan untuk memilih apakah apakah akan mengambil asuransi tradisional ataukah asuransi unit link. Sementara itu, ada yang berpikiran kalau unit link jauh lebih baik dan terbaik dibandingkan dengan asuransi tradisional / konvesional.

Perbedaan Asuransi Unit Link dan Asuransi Tradisional

Fakta menunjukkan kalau unit link lebih difavoritkan nasabah. Tercatat berdasarkan data dari situs OJK, asuransi unit link tumbuh dengan persentase hingga 10 ribu persen. Jauh dari angka tersebut, asuransi konvensional / tradisional hanya tumbuh dengan persentase angka 380 persen. Apakah ini membuktikan bahwa unit link memang yang terbaik? Mari simak penjelasan berikut.

Perbedaan Asuransi Unit Link dan Asuransi Tradisional

Pertama, mari ketahui terlebih dahulu apa itu asuransi unit link. Asuransi unit link merupakan produk asuransi yang menggabungkan antara investasi dan investasi. Jadi, fokusnya tidak hanya pada manfaat proteksi tetapi juga memberikan nilai investasi. Dana akan disalurkan ke dua “kantong”, yakni proteksi dan investasi. Investasinya sendiri bisa berkisar pada reksadana, pasar modal dan sebagainya. Nilai investasi berpotensi tinggi namun tentu saja risiko tinggi pula.

Sementara itu, asuransi tradisional lebih berfokus pada proteksi. Nilai tunai investasinya lebih kecil namun tentu dengan risiko yang lebih kecil pula.

Untuk memilih mana yang lebih tepat bagi Anda tentu bergantung pada diri Anda sendiri. Jika Anda memang hanya menginginkan proteksi saja, asuransi tradisional dapat Anda pilih. Jika menginginkan investasi yang lebih tinggi maka bisa memilih asuransi unit link – tentu dengan catatan Anda harus benar-benar memahaminya. Jangan sampai salah memilih asuransi unit link. Mengapa? Hal ini dikarenakan tidak sedikit penyedia asuransi ternyata tidak menyediakan informasi yang lengkap mengenai produk ini dan penempatan investasinya. Yang namanya investasi bisa mengalami penurunan, bukan?

Nah, bagi Anda yang ingin memilih asuransi unit link terbaik, mari simak beberapa tips berikut sebelum “meneken” kontrak polis:

1. Kredibilitas perusahaan

Kredibilitas perusahaan menjadi pertimbangan paling utama ketika Anda ingin membeli produk mereka. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan yang terbaik pula dan tidak berpikir Anda sedang “ditipu”. Coba perhatikan dan telusuri rekam-jejak perusahaan asuransi tersebut, apakah keadaan perusahaan mereka sehat dan bereputasi baik? Jika iya maka Anda bisa pertimbangkan untuk mengambil produk unit-link dari mereka.

2. Pelajari biaya unit-link tersebut

Setelah itu, Anda bisa mempelajari biaya unit-link tersebut. Hal ini dikarenakan asuransi unit-link biasanya lebih mahal ketimbang asuransi tradisional. Anda bisa memerhatikan biaya apa saja yang diterapkan. Beberapa biaya tersebut biasanya mencakup biaya administrasi, biaya asuransi dan pengelolaan asuransi. Jangan hanya berfokus pada satu produk dan satu perusahaan saja. Ada baiknya Anda membandingkan antara satu produk perusahaan satu dengan perusahaan asuransi kesehatan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

3. Lihat manfaat yang ditawarkan

Nah, terakhir, perhatikan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan melalui produk ini. Anda bisa melihat apakah biaya yang Anda keluarkan memang sebanding dengan manfaat yang akan Anda terima.

Nah, untuk mendapatkan informasi lengkap, Anda bisa tidak hanya sekadar bertanya pada agen tetapi juga melihat informasi detail di website perusahaan. Selain itu, lakukan riset pencarian di Internet untuk melakukan perbandingan asuransi unit link terbaik bagi Anda dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.