Antoniclianto.com – Seberapa seringnya kamu naik pesawat, pasti kamu akan setuju saat mencicipi makanan besar yang disajikan selalu memiliki rasa yang aneh seperti plastik ataupun hambar. Wajar saja, karena pesawat yang berada d ketinggian 30 ribu kaki akan membuat fungsi lidah dan hidung melemah. Alhasil rasa asin dan manis akan hilang karena kelembapan dan tekanan udara yang melemah. Tak hanya itu, bau dari plastik yang kerap dirasakan pun terjadi karena proses makanan dimana sebelum diberikan kepada penumpang, dihangatkan terlebih dulu di microwave.

Tips Mendapatkan Makanan Lezat Saat Berada di Pesawat

Meskipun rasanya kurang sedap, mau tidak mau kita harus tetap memakannya. Apalagi jika penerbangan hingga berjam-jam. Snack atau kudapan saja tidak akan cukup mengganjal perut yang keroncongan. Terutama jika kamu memiliki penyakit magh, jangan sampai memaksakan tidak memakannya. Maka dari itu, di bawah ini trik-trik mudah agar kamu bisa mendapatkan makanan lezat selama di pesawat, di antaranya:

1.Pesan Makan Online (Pre-Order)

Jika saat mengambil atau membeli makanan langsung di pesawat tidak ada menu favorit kamu. Lebih baik kamu memesannya terlebih dulu secara online. Beberapa maskapai penerbangan sudah ada yang menyediakan fasilitas pre-book meal. Sembari membeli tiket pesawat murah online setelahnya kamu dapat memesan makanan langsung. Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan selain menikmati makanan favorit nantinya. Memesan makanan secara pre-order akan menghemat pengeluaran karena maskapai penerbangan biasanya memberikan harga diskon.

2. Siapkan Bumbu Tambahan

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, saat berada di atas ketinggian fungsi lidah dan hidung akan melemah dan berakibat rasa asin dan manis kurang terasa. Oleh karena itu, lebih baik kamu membawa bumbu-bumbu tambahan di dalam tas. Agar jika kamu merasa makanan yang disajikan bumbunya kurang terasa, kamu bisa menambahkannya sendiri. Bumbu-bumbu yang bisa kamu bawa misalkan garam atau perasa makanan, saus, atau gula.

3. Bersihkan Meja Lipat Pesawat

Meski terlihat bersih ternyata mejalipat pesawat menyimpan banyak bakteri. Dilansir dari Sindo, rata-rata 2.155 unit pembentuk koloni (CFUs) per inci persegi yang dapat memberikan transmisi bakteri langsung ke mulut. Hal ini dikarenakan pihak maskapai yang kurang memiliki waktu untuk membersihkan total seluruh isi pesawat. Pastinya kamu tidak mau kan, jika makanana sudah enak tapi ternyata bermasalah dengan kebersihan dan berakibat sakit pada diri sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan terlebih dulu meja ilipat dan gunakan nampan atau alas untuk makan. Jangan langsung menyimpan makanan di atas meja lipat tersebut.

3. Hindari Alat Makan dari Plastik

Agar makanan yang disajikan tidak terasa plastik, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan alat makan seperti sendok atau garpu yang terbuat dari stainless dibandingkan plastik. Sebelumnya, tanyakan terlebih dulu kepada pramugari berapa biaya yang dikenakan jika ingin meminta sendok dan garpu tersebut karena beberapa maskapai penerbangan mematok biaya tambahan, tidak memandang kelas penerbangan.

4. Cerdik dalam Memilih Makanan

Banyak pendapat untuk mengindari makanan kering dan lebih memilih makanan kuah, begitu sebaliknya. Terlepas dari itu, jika kamu tidak dapat memesan makanan dengan pre-order, lebih baik pilih makanan sesuai dengan kebutuhan dan lamanya penerbangan. Jika penerbagnan hingga berjam-jam dan perut kamu merasa kenyang dengan makan nasi, pilihlah. Asalkan kamu harus menerima risikonya yakni makan nasi memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Saat di pesawat badan dingin dan makanan hangat serta berkuah cocok untuk disantap. Asalkan, kamu harus berhati-hati saat terjadi turbulensi agar tidak melukai badan sendiri dan juga orang lain saat tumpah. Lalu bagaimana dengan pasta dan mie, makanan ini cocok disantap jika penerbangan kamu tidak terlalu lama dan jika kamu lebih suka makanan yang lembek.

5. Gunakan Penutup Telinga

Percaya atau tidak suara berisik dalam ruangan dan suara bising mesin pesawat mampu memengaruhi rasa, lho! Ternyata suara bising tersebut dapat memengaruhi sistem kerja otak dan mengalahkan rasa sensorik. Untuk mengatasinya kamu bisa gunakan penutup telinga dan makan tanpa berbicara.

Lima trik mudah di atas semoga dapat membantu kamu untuk mulai menikmati hidangan-hidangan yang ada di pesawat. Selain lima hal di atas, ada satu cara lagi yang memerlukan effort tinggi khususnya dari segi budget yakni memilih maskapai penerbangan yang sudah terjamin dapat menghidaangkan makanan lezat. Indonesia patut berbangga hati karena Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai yang memiliki makanan terlezat di Asia Pasifik berdasarkan Skycanner di Airline Food Awards 2012. Kualitas makanan dari Garuda Indonesia tidak perlu diragukan lagi meskipun untuk yang berada di kelas ekonomi. Untuk menu makanan tahun depan saja, biasanya pihak manajemen Garuda Indonesia sudah mengadakan pertemuan dengan pihak catering sekaligus mengundang frequent flyer Garuda Indonesia.

Jadi, trik mana yang akan kamu pilih terlebih dulu? Jika ingin mencoba tips terakhir, kamu dapat mencoba mencari promo tiket pesawat Garuda Indonesia melalui Reservasi.com, kemudian mempraktekan trik-trik lainnya. Selamat terbang dan menikmati hidangannya!