Antoniclianto.com – Tahukah anda, untuk para ibu yang sedang hamil yang paling utama yang harus di perhatikan adalah dari asupan makanan yang ia konsumsi. Karena selain untuk sang ibu makanan yang di konsumsi sangat berpengaruh kepada janin yang ada di dalam kandungan.

Asupan gizi dan nutrisi sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan mental sang ibu. Jangan sesekali menyepelekan asupan makan dan nutrisi ibu hamil selama dalam masa kehamilan. Terapkan gaya hidup sehat, calon ibu sangat membutuhkan asupan kalori tambahan sesuai angka kecukupan gizi (AKG).

Tips Agar Kehamilan Lancar

Berikut adalah tips agar kehamilan ibu berjalan dengan lancar :

1. Makan sedikit tapi rutin dan full nutisi. Jangan sampai kelebihan berat badan agar bobot bayi tidak besar ketika berada di dalam rahim.

2. Ibu hamil harus selalu bahagia. Karena, kondisi ini sangat berpengaruh pada sang bayi. Jika ibu stress maka bayi didalam kandungan pun akan merasakan hal yang sama.

3. Perhatikan asupan nutrisi. Ada beberapa nutrisi yang wajib ibu konsumsi selama hamil, yaitu, asam folat, zat besi, vitamin c, vitamin b, asam lemak omega 3, protein, serat dan potassium yang dapat mengurangi kaki bengkat dan kram. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari. Agar tidak terjadi dehidrasi.

4. Ibu harus selalu menjaga kandungan dengan cara membatasi aktivitas fisik yang tidak perlu. Perbanyak waktu istirahat dan tidur yang cukup sehingga ibu punya banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Olahraga yang cukup, pilih yoga atau lakukan gerakan olah raga ringan yang dapat membantu ibu saat proses persalinan nanti.

6. Hindari alkohol dan kafein, janin bergantung pada pola makan dan gaya hidup yang sehat. Ajaklah ayah untuk memulai hidup sehat dan berhentilah merokok, dan jangan berada di dekat orang yang merokok. Karena hal itu akan membuat janin tumbuh tak sehat. Selama anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik maka janin akan sehat serta pertunbuhannya akan pesat dengan baik.

7. Ibu hamil sebaiknya menghindari kontak langsung dengan zat kimia, karena sangat beresiko dan berbahaya. Seperti, pembersih lantai, keramik, atau zat kimia lain yang mempunyai aroma bau yang tajam.

8. Bagi ibu hamil yang mempunyai piaraan hewan di rumah, sebaiknya menghindari interaksi langsung terhadap hewan terutama yang belum di lakukan vaksin. Mintalah bantuan orang lain untuk membantu merawat hewan anda.

9. Tetap lakukan kontrol rutin ke dokter. Dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, maka hal negatif yang dapat berpengaruh pada janin akan bisa segera di hindari. Dokter akan memberi tahu hal apa saja yang boleh dan tidak boleh di lakukan ibu semasa hamil. Perhatikan juga kesehatan mulut dan gigi, bakteri atau virus dapat tertular melalui masalah mulut dan gigi. Konsultasikan yang jelas keluhan ibu saat hamil. Mintalah multivitamin bila ibu memerlukan.

10. Ada dokter yang memperbolehkan ibu yang sedang hamil berhubungan badan. Namun jika lebih baik berhubungan badan dilakukan secara hati-hati dan tidak terlalu heboh, karena guncangan yang terlalu heboh akan di khawatirkan bisa mengganggu janin anda di dalam perut.

11. Konsumsi suplemen untuk ibu hamil. Namun jika nutrisi sudah cukup terpenuhi maka suplemen boleh di tinggalkan. Namun jika ibu sering mengalami muntah dan nutrisi pun susah untuk masuk, maka suplemen adalah jalan yang tepat untuk membantu sang ibu mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Semoga tips-tips untuk menjaga kehamilan bisa membantu para ibu selama mengandung. Oh iya harus diperhatikan baik-baik pantangan ibu hamil karena beresiko pada janinnya, semakin cerdik dalam menghindari maka resiko cacat pada kehamilan akan berkurang. Semoga bermanfaat !