Antoniclianto.comPertumbuhan gigi pada bayi memang tidak bisa diprediksi, ada yang muncul nya lebih cepat, sedang dan ada yang lebih lama. Semua nya memang tidak bisa di perkirakan, tetapi yang normal biasanya gigi bayi tumbuh  pada umur 4-6 bulan. Untuk mengenali pertumbuhan gigi tersebut, ada beberapa macam tanda yang bisa saja timbul, tetapi tidak semua gejala tersebut akan muncul, hanya beberapa saja yang akan muncul. Tetapi tidak semua bayi mengalami tanda-tanda kemunculan gigi yang sama, ada yang mengalami nya ada juga yang tidak.
pertumbuhan gigi pada bayi
Ketika gigi muncul, biasanya itu akan menjadi hari-hari dimana akan sangat tidak nyaman bagi si bayi, dan hal ini perlu anda waspadai karena bayi akan terus menangis ketika hal itu terjadi. Oleh karena itulah anda perlu tahu gejala-gejala yang akan timbul ketika pertumbuhan gigi pada balita agar tidak membuat anda bingung nantinya.

Tanda-Tanda Tumbuhnya Gigi Bayi

Ingin tahu apa saja tanda-tanda pertumbuhan gigi pada bayi? Simak informasi selengkapnya di bawah ini:

1. Air Liur Banyak

Ketika masa tumbuhnya gigi pada bayi anda, ternyata air liur nya akan keluar terus menerus, sehingga anda perlu melihat tanda-tanda ini agar anda bisa mengelap air liur yang banyak keluar tersebut.

2. Batuk Pada Bayi

Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi, mereka akan sering batuk yang di akibatkan karena tersedak air liur yang keluar terlalu banyak. Jika tidak ada tanda-tanda flu, pilek ataupun alergi, anda tidak perlu mengkhawatirkan nya karena itu hanya batuk tersedak saja.

3. Bayi Sering Menggigit

Bayi yang sedang mengalami masa pertumbuhan gigi akan sering menggigit, hal ini dikarenakan rasa tidak nyaman ketika gigi nya sedang tumbuh sehingga ia akan melampiaskan pada apapun yang bisa ia gigit. Biasanya ketika mereka sedang menyusu, ia akan menggigit karena gigi yang keluar pada gusi menyebabkan mereka sangat tidak nyaman.

4. Rasa Sakit

Peradangan yang terjad pada jaringan lunak gusi akan menimbulkan rasa sakit yang cukup besar sehingga bayi akan sering menangis. Biasanya gigi pertama dan gigi graham yang muncul akan lebih sakit dibanding gigi lain nya, tetapi anda bagi sebagian bayi hal tersebut tidak terlalu menggangu. Biasanya pada pertumbuhan gigi lain nya, mereka sudah terbiasa dengan hal seperti ini sehingga mereka tidak akan terlalu rewel karena hal ini.

5. Rewel

Mulut bayi akan terasa sakit ketika gigi nya menekan area gusi sehingga hal ini akan membuat mereka rewel. Meski sebenarnya hal ini tidak terlalu sakit, tetapi karena mereka masih bayi dan baru pertama kali nya, maka mereka akan rewel dan sering menangis.

Ada bayi yang hanya menangis beberapa jam saja, tetapi ada juga yang menangis hingga berhari-hari. Jadi bersiaplah untuk bangun malam atau semacam nya karena bayi anda bisa menangis kapan saja ketika sedang bangun.

6. Tidak Mau Makan

Bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan gigi, ia akan cenderung tidak mau makan sehingga anda perlu ekstra sabar. Disisi lain, mereka akan menangis karena sakit ketika makan sesuatu, tetapi disisi lain nya mereka juga akan lapar ketika tidak mau makan sehingga mereka juga akan rewel.

Bayi yang biasa mengkonsumsi makanan padat biasanya tidak akan mau makan, begitu juga bayi yang mengkonsumsi ASI, mereka juga tidak akan mau karena itu juga akan membuat gusi mereka sakit sehingga hal ini akan mempersulit anda nantinya.

Jika terjadi hal yang berlebihan, anda bisa mengkonsultasikan nya kepada dokter, karena mencegah hal yang buruk lebih baik dari pada mengobati.

Bagaimana, apakah anda sudah tahu apa saja tanda-tanda pertumbuhan gigi pada bayi? Jika bayi anda mengalami hal tersebut, anda tidak perlu khawatir karena itu hal biasa. Terima kasih.