Antoniclianto.com – Ketika melahirkan biasanya hanya 1 orang pendamping saja yang boleh masuk ke dalam ruang persalinan, karena itulah anda perlu memilih seseorang yang menjadi pendamping anda. Seseorang tersebut bisa saja suami anda, ibu maupun seseorang yang sudah mengerti tentang persalinan.

Sebelum proses persalinan terjadi, anda perlu memilih pendamping sehingga anda bisa mengajak mereka untuk melakukan persiapan bersama. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menjadi pendamping, simak ulasan nya berikut ini:

1. Kelas Antenal

Sebaiknya anda memilih pendamping saat melahirkan yang bisa anda ajak ke kelas antennal sebelum persalinan terjadi. Hal ini akan berguna untuk anda yang merasa panic dan melupakan teori kelas tersebut, pendamping tersebut akan mengingatkan anda akan hal itu.

2. Memahami Proses Persalinan

Pastikan bahwa pendamping tersebut memahami sebuah proses persalinan sehingga membuat anda lebih percaya diri ketika hari itu telah tiba. Jangan lupa bahwa memahami proses persalinan ini bukan hanya seorang wanita saja, Suami anda juga bisa memahaminya.

3. Calon Pendamping Tahu Proses Persalinan

Jika anda telah membuat sebuah rencana persalinan, anda sebaiknya memberitahukan kepada pendamping tersebut sebelumnya. Ini akan berguna untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan keinginan anda di ruang persalinan.

4. Berlatih Dengan Pendamping

Persiapan melahirkan memang melelahkan, karena itulah anda perlu melakukan persiapan dengan berlatih seperti meletakkan bantal yang bisa membuat anda nyaman. Anda juga perlu memberitahunya apa saja yang membuat anda tidak nyaman sehingga anda perlu melatih hal ini, misalnya anda merasa tidak nyaman ketika terdapat orang yang banyak bicara soal persalinan.

Lalu sebenarnya apa saja kelebihan memiliki pendamping? Untuk mengetahuinya lebih jelas, anda bisa melihat nya di bawah ini:

  • Anda akan menerima dukungan baik secara fisik ataupun emosional sehingga anda bisa mengatur pernafasan agar meringankan rasa sakit yang terasa selama persalinan. Anda juga akan terbantu untuk melakukan posisi berbaring yang nyaman untuk anda sehingga anda tidak merasa stress ketika persalinan.
  • Pendamping bisa menyampaikan keinginan yang anda tidak bisa katakan langsung kepada dokter. Terutama ketika kontraksi yang biasanya akan membuat anda sulit bicara, karena itulah anda perlu mencari pendamping yang bisa membantu anda mengambil keputusan sulit ketika persalinan.
  • Anda pasti akan mengalami kepanikan sehingga anda perlu mengajak pendamping yang bisa mengingatkan anda tentang teori yang sudah anda baca sebelumnya. Mengajak orang yang sudah berpengalaman juga ide yang bagus, karena itulah anda perlu memikirkan nya dari sekarang.

Bagaimana, apakah anda sudah menemukan seseorang yang dirasa cocok untuk menjadi pendamping anda ketika persalinan. Sebaiknya carilah seseorang yang bisa menemani anda kapan saja dan dimana saja, apalagi persalinan terkadang tidak terjadi sesuai prediksi sehingga bisa membuat anda merasa kesulitan jika tidak ada pendamping yang sudah terlatih tersebut.

Itulah cara memilih siapakah pendamping anda saat melahirkan jika dilihat dari kebutuhan yang akan anda alami ketika proses persalinan sedang terjadi. Karena itulah persiapkan pendamping tersebut segera mungkin, tidak ada salahnya untuk meminta ibu anda menjadi pendamping jika memang anda lebih dekat dengan ibu.

Apalagi ibu biasanya sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan seorang ibu yang akan mengalami persalinan, dengan pengalaman tersebut anda bisa berlatih lebih dini dan ketika proses persalinan terjadi ibu akan mendampingi anda untuk melakukan persalinan lebih baik, terima kasih.