Antoniclianto.com – saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya saat mengaspal bersama motor kesayangan yang selalu menemani kemanapun kaki ini melangkah. Semua perjalanan terekam jelas didalam fikiran dan hati ini.

pembaharuan cara berfikir dan teknologi lalu lintasBagaimana kerasnya kehidupan jalanan, yang cepat dan kuat akan menguasai jalan raya. Tidak perduli anak muda atau orang tua saling mendahului tanpa sopan santun. Didalam fikirannya hanya ada kalimat “segera sampai rumah” jadi apapun akan dilakukan agar bisa pulang lebih awal.

Kenapa hampir setiap orang yang berprofesi sebagai pengendara mempunyai cara berfikir yang sama ? Sudah hilang entah kemana rasa empati dan simpati terhadap orang lain. Menghalalkan segala cara untuk satu tujuan bahkan terkadang membahayakan nyawa orang lain.

Belum lagi ulah nakal pengendara yang memiliki SIM tapi buta akan rambu-rambu lalu lintas. Contoh kecilnya adalah mengabaikan lampu merah atau berhenti tidak pada tempatnya. Ini menjadi masalah baru dalam lalu lintas terutama di jalan-jalan ibukota. Hak pejalan kaki direnggut, terutama dalam malasah penyebrangan jalan. Terkadang pengendara motor berhenti pada zebracross (tempat menyebrang untuk pejalan kaki).

Belum lagi ulah pengendara yang melintasi trotoar jalan tanpa mementingkan keselamatan pengendara itu sendiri atau para pejalan kaki. Terkadang suka sedih hati ini melihat pemandangan seperti itu. Sebagai warga negara yang baik saya tidak bisa melakukan banyak hal untuk lalu lintas, kecuali menjadi pengendara motor yang baik dengan mematuhi semua rambu lalu lintas yang ada.

Pembaharuan teknologi dalam lalu lintas

Sebenarnya apa saja yang harus dilakukan untuk menanggulangi masalah seperti ini ? Saya rasa teknologi yang menunjang lalu lintas saat ini masih sangat kurang dan butuh untuk dilakukan pembaharuan atau peningkatan. Selain itu, harus ada sosialisasi kepada masyarakat khususnya pengguna jalan. Pemerintah harus lebih aktif dalam kampanye untuk membangun kesadaran pengendara tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Saya memiliki ide yang mungkin sangat tidak masuk akal dan membutuhkan biaya yang cukup mahal, diantaranya :

1. Palang Otomatis

Setiap jalan raya atau protokol yang banyak dilalui kendaraan sebaiknya dipasang palang otomatis seperti yang digunakan oleh perusahaan parking. Palang tersebut tidak seperti palang kereta api yang dikendalikan manual, namun pada palang tersebut diberikan teknologi sensor. Sensor besi tersebut tersinkronisasi dengan waktu yang ada pada lampu merah. Letak palang otomatis ini berada dibelakang garis zebra cross, sehingga pejalan kaki bisa leluasa dalam menyeberang.

2. Suara Peringatan

Penerapan semua lampu lalu lintas harus menggunakan waktu lampu tanda merah, hijau ataupun kuning. Jangan lupa untuk ditambah speaker peringatan yang biasa ada pada lampu lalu lintas penyebrangan. Lampu lalu lintas seperti ini sangat bermanfaat, karena tak jarang saat lagi lampu hijau tiba-tiba langsung berubah menjadi merah. Bahaya sekali kan ? Jika dalam posisi kendaraan melaju cukup kencang dan susah untuk melakukan pengereman mendadak. Saya sendiri lebih berhati-hati jika melewati lampu lalu lintas yang ada peringatannya seperti yang ada pada lampu lalu lintas penyeberangan pejalan kaki.

3. Kamera Pengintai

Kamera ini berfungsi untuk yang melakukan pengintaian pelanggaran seperti menerobos lampu merah, dan lain-lainya. Untuk pelanggar ketertiban lalu lintas bisa diberi sanksi yang berat seperti bayar denda saat perpanjang STNK. Tapi butuh data valid yang online dan saling terhubung untuk menerapkan program ini.

Dari semua poin diatas, sebenarnya ada yang lebih berat. Apa itu ? cara berfikir para pengendara dan pengguna lalu lintas. Pemerintah memiliki tugas berat mengatur dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang miliki kesadaran kurang baik.

Demikianlah sedikit tulisan saya ini, berharap pada masa mendatang dapat di realisasi oleh pemerintah. Hal yang paling penting adalah memperbaiki diri sendiri dan bisa tertib dimana pun anda berada. Sikap tertib lalu lintas bisa menjaga keselamatan anda dalam berkendara di jalan raya.