Antoniclianto.com – ketahuilah nutrisi ibu hamil itu sangat penting, karena menyangkut tumbuh kembang bayi yang ada didalam perut ibu hamil. Apa saja yang harus dipenuhi agar anak yang lahir kelak adalah anak yang normal tumbuh kembangnya dan memiliki otak yang cerdas. Ibu hamil dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan si kecil selama dalam rahim. Maka dari itu sebaiknya ibu hamil banyak mencari referensi untuk menunggu kelahiran anaknya.

nutrisi ibu hamil

Setiap orang tua pasti akan memberikan apa saja yang terbaik untuk anaknya, begitu juga saat anaknya masih dalam kandungan. Ibu sangat sayang dan berusaha mencukupi semua kebutuhan nutrisinya. Simak artikel ini sampai selesai karena akan ada beberapa tips untuk ibu hamil dalam memenuhi nutrisi untuk bayi.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam kehamilan seorang ibu, dan setiap trimester ada yang harus dicukupi nutrisinya. Bahan atau benda ini dapat mencukupi nutrisi ibu yang sedang hamil pada setiap trimesternya :

Trimester Pertama

Pada fase ini, trimester pertama biasanya ibu hamil sering sekali mual dan muntah yang biasa disebut dengan morning sickness. Anda disarankan untuk mengonsumsi madu, karena selain dapat mengatasi morning sickness madu juga dapat mengatasi lainnya.

Madu sangat bermanfaat untuk semua orang, madu telah dipercayai dapat menyembuhkan banyak penyakit. Penggunaan secara rutin pada ibu hamil dapat mengatasi banyak masalah diantaranya : mengatasi morning sickness, menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil, dapat mencegah insomnia, dan dapat mengatasi sakit maag.

Trimester Kedua

Untuk fase ini sebaiknya, ibu hamil banyak mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan juga mengonsumsi minyak zaitun selain meminum madu. Pada fase ini bayi anda sedang dalam pembentukan tubuhnya, jika nutrisi yang didapat kurang maka calon bayi anda akan mengalami kecacatan. Baik itu kecacatan dalam fisik ataupun mental.

Kenapa ? minyak zaitun diperkaya oleh mineral dan vitamin seperti protein, lemak, kalori, zat besi, vitamin A, B1, B2, B3, E, C, asam asam lemak jenuh dan tak jenuh, squalene, polifenol dan lain masih banyak yang lainnya. Ketahuilah mengonsumsi minyak zaitun berkhasiat melindungi tubuh ibu hamil dari serangan penyakit jantung koroner, dapat mengatasi kesulitan BAB. Selain itu, dapat mengurangi kenaikan tekanan darah dan juga mengobati diabetes, kegemukan atau obesitas.

Trimester Ketiga

Pada fase terakhir ini disarankan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi madu dan minyak zaitun dan ditambah dengan Habbatussauda (zintan hitam). Pada fase ini diharapkan ibu hamil sering berolahraga terutama itu sering jalan. Untuk akhir kehamilan, perbanyak sujud karena dapat memperbaiki posisi bayi pada jalan keluar pada proses persalinan.

Habbatussauda tidak dianjurkan untuk ibu hamil dalam fase trimester pertama dan trimester kedua. Penggunaan dalam dosis yang tinggi dapat memperkeruh air ketuban dan yang lebih parah adalah keguguran spontan.

Bagaimana ? sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil dalam mencukupi nutrisi ibu hamil. Sebagian ibu hamil lainnya, mencukupkan nutrisinya dengan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil

Pilihan ada pada ibu hamil, mana yang menurutnya lebih baik dan praktis. Sekian artikel ini tentang nutrisi untuk ibu hamil dari trimester pertama hingga ketiga. Tahukah anda, ibu akan selalu memberikan semua yang terbaik untuk anaknya. Bagaimana penderitaan yang ibu alami saat hamil kita semua, maka dari itu sebagai seorang anak sebaiknya kita selalu berbakti dan menjaga perasaan sang ibu.