Antoniclianto.com – Menjadi orang tua untuk seorang anak yang masih kecil adalah sebuah kado terindah dan harus menjaga dengan baik. Tidak hanya dalam masalah kasih sayang saja, tetapi dalam menu makanan untuk balita. Ayah bunda harus memperhatikan apa saja yang masuk kedalam perut si kecil. Karena makanan yang dia konsumsi adalah cermin dari kesehatannya mendatang.

Pastikan makanan yang anak Anda konsumsi itu adalah menu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannnya. Hindari makanan yang berlemak dan kurang baik untuk tubuh balita. Kendala lain saat memberikan makanan yang sehat seperti sayuran, anak biasanya kurang menyukainnya. Disini peranan orang tua sangat penting dalam mendukung anak agar dapat memakan semua jenis makanan sehat.

makanan sehat untuk balita

Berikut ini ada menu makanan sehat yang mungkin cocok untuk Anda dan memungkinkan untuk diberikan untuk si Kecil. Banyak sekali sebenarnya makanan yang sangat bermanfaat untuk buah hati Anda, yang terpenting adalah berusaha untuk mencukupi semua nutrisi perkembangan da pertumbuhannya.

1. Sop Ayam

Sop ayam isinya sangat bervariasi mulai dari wortel, kentang, buncis, daun bawang dan seledri sesuai sekali menjadi menu santap siang anak Anda. Bahan-bahan ini sangat bermanfaat sekali dan banyak akan vitamin dan mineralnya. Ditambahkan dengan daging ayam akan menghasilkan banyak protein untuk mendukung setiap tumbuh kembangnya.

2. Sayur Bayam

Mulai dari orang tua dulu sampai orang yang ahli dalam kesehatan merekomendasikan sayur bayam untuk dikonsumsi pada umur balita 1-3 tahun. Karena bayam berisi zat besi yang sangat baik guna melancarkan peredaran darah si kecil. Ada vitamin dan mineral serta antioksidan betakarotein. Sangat direkomendasi untuk mengolah sayur bayam menjadi makanan sehari-hari yang enak.

3. Susu dan Buah

Susu tinggi akan kalsium dan buah sangat banyak vitaminnya. Buah dan susu adalah makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna. Catatan penting adalah dilarang sekali untuk mengkonsumsi susu dan buah sekaligus karena tidak sehat dan beresiko mengalami masalah pada sistem pencernaan.

4. Sayuran Hijau

Bunda dapat mengukus atau merebusnya sebentar dengan sedikit tambahan garam. Sayur menjadi menu yang berisi vitamin kompleks sampai-sampai kebutuhan vitamin si kecil dapat terpenuhi. Bunda juga dapat menambahkan beberapa macam sayuran yang warnanya tidak hijau tetapi mempunyai banyak manfaat untuk si kecil.

5.Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe sebagian orang menganggapnya sebagai makanan yang biasa-biasa saja dan tergolong makanan murah. Namun tempe dan tahu adalah salah satu makanan yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak. Terbuat dari bahan dasar kedelai yang paling kaya protein, vitamin D, kalsium, lemak sehat, serta flavonoid.

6. Ikan

Di umur 2 tahun, balita akan merasakan perkembangan cara berfikir yang lebih cepat. Untuk mendukung semua perkembangan otak si Kecil disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan dan seafood. Misalnya anda dapat menyuguhkan seperti Ikan salmon, sarden, tuna atau tongkol,karena dipercaya oleh banyak orang mengandung omega 3 yang tinggi dan protein yang dapat mencerdaskan si kecil.

7. Camilan Sehat

Camilan tidak selamanya tidak sehat, jika Anda ingin mengolah camilan untuk si kecil sendiri itu akan lebih baik. Karena bunda dapat mengontrol penuh apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Contohnya saja cemilan seperti sereal plus susu, puding buah, atau mungkin bubur kacang hijau.

Demikianlah beberapa bahan yang dapat dijadikan menu sehat untuk balita. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk si kecil