Antoniclianto.com – Anda pasti pernah mengalami mata merah, entah itu karena iritasi ringan atau mungkin berat. Jangan khawatir, saya akan membagikan sebuah referensi dari dokter online bagaimana cara menghilangkan mata merah dan berair dengan benar dan mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Sebenarnya mata berair tidak memerlukan perawatan khusus jika hanya disebabkan oleh iritasi ringan saja. Terkadang didiamkan saja beberapa waktu akan hilang dengan sendirinya. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika mata semakin merah dan berair yang disebabkan tangan kita sendiri yang kurang bersih dan mengucek mata secara berlebihan saat gatal.

Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Merah & Berair ?

Pada situasi ini, bisa jadi Anda mengalami masalah kronis sehingga memerlukan penanganan khusus yang direkomendasi dari dokter spesialis. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dirumah, seperti dibawah ini :

1. Mengompres mata dengan handuk basah hangat, pastikan airnya tidak terlalu panas karena dapat melukai mata Anda dan iritasi bisa saja tambah parah.

2. Gunakanlah obat tetes mata yang aman dan mungkin dapat Anda pakai untuk menangani mata iritasi ringan dan berair. Untuk penggunaan obat tetes mata tidak akan berfungsi dengan baik jika mata Anda telah mengalami iritasi berat.

3. Jika disebabkan oleh benda asing yang masuk ke dalam mata sebaiknya tampung air diwadah yang besar dan diwajibkan air itu dalam keadaan bersih, lalu rendam mata sampai bagian muka basah dengan air sambil dikedap-kedip matanya.

Solusi jika tidak kunjung sembuh adalah pergi ke Dokter untuk menangani infeksi yang disebabkan konjungtivitis atau infeksi mata lainnya. Biasanya akan dikasih salep dan obat antibiotik untuk menanggulangi mata berair yang diakibatkan oleh iritasi berat bisa jadi infeksi.

Tapi, Anda dapat mempercepat pengobatan dengan teknik memijat pada pembuangan air mata memakai jari telunjuk yang bersih. Lakukan pijatan lembut dibuka dari sudut mata bayi. Lalu,selesai ke unsur mata yang berdampingan dengan hidung. Pijatan ini dapat dilakukan beberapa kali tiap harinya secukupnya.

Sebenarnya perawatan tidak dibutuhkan jika mata berair tidak mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Namun, segera konsultasikan ke dokter andai Anda merasakan mata berair berkepanjangan yang diiringi oleh rasa sakit, mata memerah, iritasi, perdarahan, memar di dekat mata, sakit kepala parah, gangguan penglihatan, atau bahkan menciptakan Anda tidak dapat menyaksikan sama sekali.

Jika belum ada perubahan yang nyata, maka operasi adalah jalan terbaik untuk mengatasi mata Anda agar kembali normal kembali. Dokter akan merekomendasikan jalur operasi andai terjadi penyumbatan pada pembuangan air mata Anda.

Biasanya kasus penyumbatan air mata lebih banyak terjadi pada bayi. Namun, pada bayi tidak perlu melakukan tindakan khusus jika terjadi penyumbatan air mata. Karena biasanya akan membaik dengan sendirinya tanpa penyembuhan khusus.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan mata merah dan berair dengan mudah. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda yang saat ini dengan mengalami sakit mata, semoga cepat sembuh ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *