Antoniclianto.com – Bau mulut merupakan hal yang bisa mengurangi rasa percaya diri pada seseorang, kebanyakan bau mulut muncul karena beberapa masalah, misalnya saja gigi berlubang, sisa makanan pada gigi hingga kondisi kesehatan seseorang.

cara mengatasi bau mulut

Secara medis bau mulut disebut dengan halitolis, dan cara mengatasi bau mulut sendiri sebenarnya cukup mudah dan murah, jadi untuk apa anda harus hilang percaya diri hanya karena bau mulut. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Simak ulasan nya berikut ini:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Langkah pertama untuk menghilangkan bau mulut secara alami adalah dengan menjaga kebersihan mulut, kenapa seperti itu? Seperti yang disebutkan tadi bahwa bau mulut disebabkan oleh sisa makanan, jika anda bisa menjaga kebersihan nya dari sisa makanan, maka bisa dipastikan anda akan terhindar dari bau mulut.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Hal kedua yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut adalah mengkonsumsi buah dan sayur. Air liur yang merupakan pembunuh bakteri alami bisa meningkat dengan cara mengkonsumsi sayuran, karena itulah silahkan konsumsi sayuran dan buah seperti mentimun dan apel karena lebih efektif dalam menghilangkan bau mulut.

3. Meminum Teh

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan minum teh, jadi dalam teh terdapat kandungan polifenol yang setara dengan antioksidan sehingga bisa membunuh bakteri dalam mulut. Dengan matinya bakteri dalam mulut, maka hilang juga pemicu bau mulut yang sering di alami. Itulah kenapa teh sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

4. Mengkonsumsi Bahan Herbal Alami

Mengkonsumsi bahan herbal alami seperti cengkeh dan biji adas bisa membuat nafas menjadi lebih segar, caranya ialah dengan mengunyah nya setelah makan secara teratur sehingga nafas segar sepanjang waktu.

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Rokok dan alkohol bisa membuat bau mulut muncul, karena itulah anda harus menghindari kedua hal tersebut. Alkohol dan rokok bisa memicu pertumbuhan bakteri yang ada dalam mulut dan juga bisa merusak gigi.

6. Banyak Minum Air Putih

Jangan bilang bahwa air putih hanya penghilang dahaga karena ternyata minum sekitar 6-8 gelas air setiap harinya sangat bermanfaat untuk melancarkan metabolisme yang ada dalam tubuh. Jika sudah membahas tentang metabolisme dalam tubuh, tentu saja akan menyangkut sistem pencernaan juga. Mulut yang merupakan organ pencernaan yang bergantung pada air putih untuk membuatnya tetap segar, jadi silahkan minum air putih agar bakteri penyebab bau mulut bisa hilang.

7. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Periksa gigi dan mulut anda secara rutin ke dokter gigi secara berkala sehingga dalam waktu 6 bulan, anda sudah bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi anda harus periksakan gigi anda dan membersihkan plak gigi atau karang gigi karena plak dan karang gigi bisa menyebabkan gigi berlubang.

Jangan pernah menganggap bau mulut adalah hal sepele karena akibat nya bisa membuat anda kehilangan kesempatan emas anda, dengan mulut yang segar anda bisa melakukan banyak hal dengan lebih percaya diri, apalagi jika profesi anda adalah seorang yang harus bersosialisasi setiap hari dengan banyak orang.

Itulah cara mengatasi bau mulut secara alami, jadi akan menjaga gigi dan mulut anda tetap bersih tanpa efek samping. Jika ada keluhan yang berlebih tentang bau mulut dan tidak bisa hilang dengan cara di atas, silahkan hubungi dokter anda. Mungkin ada sesusatu yang salah pada mulut anda, Terima kasih.