Bersama UNTAN Membangun Negeri – saya akan menulis untuk menjelaskan bagaimana bisa membangun negeri tercinta kita ini hanya dengan melalui sebuah Universitas. UNTAN adalah singkatan dari Universitas Tanjungpura, sebuah tempat untuk menimba ilmu pasca lulus dari sekolah menengah atas ataupun pacsa sarjana.
Bersama Untan Membangun Negeri
Bagaimana bisa memajukan bangsa hanya lewat pendidikan ? saya jadi ingat akan sejarah negeri Jepang yang telah lulu lantah di bom Atom oleh sekutu. Pertanyaan penting yang pertama muncul pada fikiran sang kaisar Hirohito adalah berapa banyak guru yang masih tersisa ? bukan berapa tentara, bukan berapa banyak aset yang masih tersisa. ketahuilah guru dan pendidikan itu sangat penting dalam membangun negeri jika ingin bangkit menuju bangsa yang lebih maju dan terhormat di dunia Internasional.

Program Bersama UNTAN Membangun Negeri

Ada banyak program yang dilakukan oleh pengurus UNTAN agar dapat meningkatkan sumber daya manusia yang baik melalui pendidikan. Berikut ini beberapa program yang dapat memajukan anak bangsa :
Program UNTAN Membangun Negeri

1. Program Sarjana

Program ini diperuntukan untuk anak sekolah menengah atas yang lulus serta sangup untuk mengikuti uji seleksi mandiri dan SBMPTN. Ada banyak program yang dapat Anda ikuti untuk menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk orang banyak ilmunya. Seperti jurusan hukum, ilmu sosial, politik, pertanian, teknik, kehutanan, ekonomi dan bisnis. Untuk lebih lengkap jurusan secara terperinci Anda dapat melihat pada http://www.untan.ac.id/program-sarjana-2/

2. Program Pascasarjana

Program ini tidak ada bedanya dengan sarjana yang membedakannya adalah syarat dan ketetensuan yang ada. Program ini hanya dapat diikuti oleh seorang yang telah lulus menjalankan program sarjana. Untuk lebih lengkap jurusan apa saja yang menarik, bisa cek link http://www.untan.ac.id/program-pascasarjana/

3. Program Diploma

Program yang satu ini adalah program diploma, sangat cocok untuk yang ingin belajar tetapi tidak ingin jadi sarjana. budidaya tanaman perkebunan, administrasi perkantoran, pekerjaan sosial, kearsipan, kesekretariatan, perpustakaan.

4. Program Internasional

Program ini khusus untuk putra putri bangsa yang berprestasi untuk mengikuti pertukaran mahasiswa sebagai program internasional yang diadakan UNTAN. Universitas Tanjungpura juga mempunyai kedekatan khusus dengan Kansas State University (KSU), Amerika Serikat. Pada tanggal 16 Juli 2018, Cary Chappell datang untuk mengisi seminar. Cary Chappell pernah menjadi English Language Fellows (ELF) di Universitas Tanjungpura pada tahun 2012.

5. E-learning

Program E-learning ini menurut saya adalah program andalan, kenapa ? zaman sekarang hampir semua orang punya gadget dan bisa akses internet tanpa batas. Program ini sangat efisien dan praktis untuk Anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang untuk ketemu langsung dengan mentor.

Dengan banyaknya dan bervariasinya program yang dijalankan oleh Universitas Tanjungpura, berharap Indonesia memiliki SDM yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Dan apa saja prestasi UNTAN dalam membangun negeri Indonesia tercinta ? berikut ini adalah beberapa prestasi yang telah diraih UNTAN:

  • Mahasiswa Kimia FMIPA Juara 3 LKTI Nasional
  • Mahasiswa Faperta Sabet Juara 2 Karya Tulis Ilmiah di ITB
  • Mahasiswa Teknik Lingkungan Juara 3 LKP Tingkat Umum Se-Kalimantan Barat Tahun 2017
  • Tiga Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional oleh Mahasiswa FMIPA
  • Juara 1 Karya Tulis Green Chemistry 2017 di Kampus UNPAD, Bandung
  • Mahasiswa Untan Terpilih Mengikuti Program YSEALI
  • Untan Raih Tiga Juara Harapan pada MTQ MN Ke-XV di Malang
  • Untan Raih Gelar Juara di Kejurnas Bridge ke-55

Alamat :Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124)
Telepon: (0561) 739630
Email: untan_59@untan.ac.id
Fax: (0561) 739637

Demikianlah berita tentang Universitas Tanjungpura, bersama UNTAN membangun negeri menjadi lebih baik lagi melalui pendidikan. Saya berharap banyak generasi penerus mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama belajar di UNTAN. Sekian dulu artikel kali ini semoga ada manfaat yang dapat diambil.