7 Tips Dalam Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit WajahAntoniclianto.com – Kulit sebagai unsur tubuh terluar sangat gampang untuk terkontaminasi dengan kotoran atau bakteri lainnya. Di samping itu, kulit wajah tergolong bagian tubuh yang sangat berisiko merasakan iritasi karena nyaris setiap hari terbalut oleh make-up, terkena sinar matahari, dan polusi. Maka dari itu, kulit wajah tidak jarang mengalami banyak sekali masalah, layaknya kusam, jerawat, flek hitam, dan keriput.

Setiap orang dituntut untuk mengawal kesehatan kulitnya sehari-hari. Bila melalaikan gangguan kesehatan kulit sekecil apapun dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan yang serius. Kesehatan kulit yang terganggu juga dapat membuat kecantikan kita tidak terpancar.

 

Setiap orang memang memiliki pengertian yang bertolak belakang tentang kulit sehat dan cantik. Tetapi, secara umum kulit yang sehat dan cantik ditandai dengan tekstur kulit yang lembut dan lembap, sehingga menciptakan Anda merasa percaya diri. Oleh sebab itu, Anda butuh memahami sejumlah cara mengasuh wajah supaya wajah kita selalu tahan lama muda dan kencang. Berikut ialah beberapa tips alami untuk mengawal kesehatan kulit Anda, supaya wajah kita tetap kencang dan muda.

1. Tidur cukup

Mencukupi keperluan tidur sangatlah penting untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, andai Anda hendak kulit wajah  kencang dan tampak muda. Bila Anda tidak cukup tidur, urusan ini dapat menciptakan kulit wajah Anda tampak lelah dan kusam. Bila Anda terlampau sering tidak cukup tidur, maka bakal berimbas pada timbulnya kantung mata atau lingkaran gelap di bawah mata.

2. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Tips keelokan dan kesehatan wajah yang perlu Anda perhatikan pula ialah dengan mengayomi kulit kita dari sinar matahari terutama ketika matahari berada pada intensitas tertingginya yakni 10.00 hingga 16.00. Selalu pakai sun protection yang mempunyai SPF lebih dari 15 dengan menerapkannya selama 20 menit sebelum kita beraktivitas dan kenakan pula pakaian pelindung, layaknya baju dengan lengan panjang, celana panjang, atau topi. Terapkan urusan ini, maka kulit wajah Anda bakal senantiasa tampak muda secara alami.

3. Kendalikan Stres

Stres dapat mendorong kelenjar adrenal penghasil kortisol, yang adalah hormon utama penyebab stres dan menjadi penyebab lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Bila jumlah lemak berminyak terlalu banyak bisa memblokir pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Maka dari itu, tips keelokan alami yang bisa Anda terapkan ialah dengan meminimalisir tingkat stres Anda.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi dan Cukupi Kebutuhan Air Putih

Tips keelokan dan kesehatan wajah yang tak kalah penting ialah merawatnya dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi karena dapat menolong Anda menjaga keelokan dan kesehatan kulit. Makan makanan yang sehat dan bergizi layaknya buah dan sayuran adalah salah satu teknik paling urgen dalam menciptakan kulit wajah Anda agar tampak lebih sehat dan kencang, sampai-sampai tampak muda. kita perlu mencukupi keperluan air putih supaya kulit dapat terjaga kelembapannya. Cukupi keperluan air minum minimal 8-10 gelas per hari.

5. Hindari Konsumsi Alkohol

Tips keelokan dan kesehatan kulit wajah yang tidak kalah penting ialah dengan menjauhi alkohol. Alkohol sendiri dapat menciptakan tubuh dan kulit Anda merasakan dehidrasi sehingga menciptakan kulit Anda terlihat lelah dan kusam, selain hal tersebut konsumsi alkohol berlebih dapat mengakibatkan penurunan produksi kolagen secara alami.

Kolagen sendiri berperan dalam mengawal elastisitas kulit. Sehingga, kurangnya cadangan kolagen pada tubuh akan mempengaruhi  proses regenerasi kulit menjadi tidak optimal. Hal ini merangsang kerutan halus bakal lebih cepat timbul pada kulit Anda. Di samping itu, alkohol dapat memicu ketidakstabilan hormon sehingga menciptakan produksi minyak bertambah. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat pada kulit.

6. Jangan Merokok

Kebiasaan merokok ialah salah satu urusan yang dapat merusak kulit sebab mampu menciptakan kulit kita menua lebih cepat. Merokok dapat menurunkan produksi kolagen sehingga berdampak mengurangi elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit. Kurangi kelaziman merokok Anda, guna mendapatkan kulit kencang, sampai-sampai senantiasa tampak tahan lama muda.

7. Rutin Membersihkan Wajah dan Menggunakan Pelembap

Tips keelokan dan kesehatan kulit wajah selanjutnya ialah secara rutin mencuci kulit kita dari kotoran dan bakteri. Bila kita merasa kulit menjadi kering, usahakan pakai pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Mengapa memakai pelembab? Pelembab wajah bermanfaat sebagai pelindung untuk kulit, menjaga supaya kulit wajah kita tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Pelembab bekerja dengan memerangkap kelembaban pada lapisan luar kulit dan unik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar. The American Academy of Dermatology menganjurkan pemakaian pelembab wajah sesudah mandi supaya kulit kita yang masih lembab bisa mengikat cairan dengan baik. Tapi, bagaimana teknik memilih pelembab yang sehat guna kulit, dan tidak akan menimbulkan masalah?

Sebelum memakai pelembab, Anda mesti mengenal jenis kulit kita terlebih dulu guna meyakinkan bahwa pelembab yang Anda pakai memang cocok dengan kebutuhan. Jenis kulit kita ditentukan oleh sekian banyak  faktor layaknya genetik dan makanan. Secara umum, ada lima kelompok jenis kulit:

  • Kering: Cocok memakai pelembab yang berbahan dasar minyak
  • Berminyak: Cocok memakai pelembab berbahan dasar air
  • Dewasa (mature): Sebaiknya memakai pelembab berbahan dasar minyak
  • Sensitif: Sebaiknya memakai pelembab yang berisi aloevera atau bahan yang sejuk di kulit
  • Normal/kombinasi: Cocok memakai pelembab berbahan dasar air

Setelah Anda memahami jenis kulit Anda, dan sudah berhadapan dengan produk pelembab berbahan dasar cocok dengan kulit Anda, tahapan selanjutnya ialah membaca baik-baik label pada kemasan produk Anda. Pelembab yang baik ialah pelembab yang dapat mengayomi kulit dan tidak berisi bahan-bahan berbahaya.

Pastikan kita mengaplikasikan produk itu dengan benar untuk mendapat  hasil yang optimal. Selalu gunakan pelembab Anda sesudah wajah kita dalam kondisi bersih. Setelah membasuh wajah ialah waktu yang sangat baik, sebab wajah yang lembab akan menolong memerangkap cairan yang terdapat dalam pelembab Anda.

Setelah memakai pelembab kita secara tertata selama kurun waktu sehari atau seminggu, usahakanlah untuk mengevaluasinya. Apakah kita merasa wajah kita lebih segar, terhidrasi, dan nyaman? Jika, ya, selamat! Berarti kita telah mengejar pelembab yang sesuai untuk kulit Anda. Jika belum, tidak boleh kecewa, Anda bisa mencoba banyak produk yang tersedia di pasaran, namun jangan lupa untuk selalu mengamati bahan-bahan yang terdapat di dalamnya.

Di samping itu, beli lah pelembab wajah di toko online terpercaya, supaya anda tidak butuh lagi cemas mengenai kualitas produk. Itulah 7 tips dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang dapat Anda lakukan supaya mendapatkan kulit yang sehat dan kencang. Asalkan kita melakukannya secara rutin, maka tampilan kulit kita akan terawat dengan baik.